Home / 2017 / Kilas Balik Desa Wonokerto 2017

Kilas Balik Desa Wonokerto 2017

Sekilas Wonokerto 2017
Wonokerto, Kedunggalar, Ngawi….

Tahun Anggaran 2017 telah berahir berikut uraian kegiatan pelaksanaan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Wonokerto selama 1 tahun Anggaran.
Hasil pelaksanaan Pemerintahan di desa Wonokerto pada hakikatnya merupakan hasil sinergi dan kinerja Pemerintahan Desa, baik Perangkat Desa, PTPKD, Lembaga Kemasyarakatan Desa, dan seluruh Warga masyarakat. Keberhasilan tersebut tidak terlepas dari itikad baik, kerja keras semua pihak yang memiliki keterkaitan fungsi sesuai dengan bidang dan tugasnya masing – masing khususnya BPD Desa Wonokerto, Lembaga Kemasyarakatan Desa Wonokerto baik itu LPMD, PKK dan seluruh lapisan masyarakat Desa Wonokerto.
Dengan Peran berbagai Pihak tersebut sehingga Pelaksanaan kegiatan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Wonokerto Tahun Anggaran 2017 berjalan lancar dengan capaian realisasi pelaksanaan 98% baik itu di bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Desa , Bidang Pelaksanaan Pembangunan, Bidang Pembinaan Kemasyarakatan dan bidang Pemberdayaan Masyarakat.
Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Desa secara global yakni Pembayaran siltap dan Tunjangan kepala Desa dan Perangkat Desa, Tunjangan dan Operasional BPD ,Operasional Perkantoran, Belanja Modal, Operasional RT dan RW, Insentif RT dan RW, , Pensertifikatan Tanah Kas Desa, Operasional PK dan Pos Yandu, Operasional pendistribusian Raskin, Operasional LPMD, Perencanaan Desa, Pengelolaan Keuangan Desa, Kegiatan Evaluasi Penyelenggaraan pemerintahan, Tujangan kematian bagi perangkat desa dan Peringatan Hari Besar Nasional .
Untuk memperingati Hari Jadi Ngawi yang ke 72 diperingati dengan rangkaian Malam Tirakatan dan dilanjutkan dengan jalan sehat yang diikuti oleh perangkat desa, BPD, LPMD, Kader Yandu, PKK Tokoh Masyarakat dan Pelajar dengan dimeriahkan orgen tunggal dari desa wonokerto .
Kondisi Desa Wonokerto yang memiliki jalan poros yang panjang dengan akses jalan poros yang berupa tanah ataupun makadam serta tidak tersentuh PU membuat pembangunan sarana Prasrana Desa harus bertahap tidak bisa diselesaikan dalam kurun waktu setahun dua tahun namun demikian dengan adanya Dana Desa maka kegiatan pembangunan tersebut mulai menampakkan hasil.
Namun demikian tidak serta merta Pendapatan Desa dibelanjakan disatu titik Kegiatan Pembangunan Fisik saja , karena harus sesuai Porsi.
Kegiatan Pembangunan sarana Prasarana desa yang telah direalisasi di tahun 2017 meliputi :
1. Pavingisasi jalan Poros desa di dusun Sumberagung sepanjang 1.108 m dana dari Dana Desa.
2. Pembangunan Gedung TK/PAUD di dusun Sendangrejo lor Sumber dana dari BK Sarana Prasarana Perdesaan.
3. Talud jalan di dusun wonokerto sumber dana dari Alokasi Dana Desa,
4. Talud Jalan di dusun Sendangrejo kidul Sumber dana dari BK Sarana Prasarana Perdesaan,
5. Talud jalan di dusun Sumberagung sumber dana Dari Pendapatan asli desa.
6. Jambanisasi Sumberdana dari Dana Desa
7. Normalisasi jalan desa sumberdana dari Pendapatan Asli Desa
8. Perkerasan jalan di dusun sendangrejo kidul Sumber dana dari pendapatan Asli Desa.
Pembangunan desa tidak bertumpu pada satu jenis kegiatan Fisik saja melainkan Peningkatan Sumber Daya Manusia baik itu Aparatur Pemerintahan Desa, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat maupun Kader kader Pemberdayaan Masyarakat agar target Pembangunan desa berjalan seperti yang diharapkan.
Adapun contoh kegiatan non fisik di desa wonokerto yakni Nyadran di dusun Sendangrejo kidul, dan Pengajian Muslimat NU.

Untuk peningkatan SDM Aparatur Pemerintahan Desa, Desa wonokerto juga melakukan Pelatihan bagi perangkat desa yakni pelatihan staf keuangan dan pelatihan BPD. serta pelatihan bagi kader PKK dan Kader Pemberdayaan.
Dengan semangat gotong royong dan kerja sama dari seluruh lapisan masyarakat kita berharap pembangunan desa wonokerto di tahun depan bisa lebih dioptimalkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *